Tuesday, March 13, 2018

(Cer)Pentigraf

Hai! Hari ini Gifta akan menjelaskan tentang salah satu jenis prosa. Tunggu, jangan-jangan kalian ngga ngerti arti prosa... Prosa itu jenis karya sastra dalam bentuk tulisan bebas, yang berbeda dengan puisi. Contohnya novel, cerbung, dan pentigraf ini! Sekarang, apa itu pentigraf?
Pentigraf adalah singkatan dari cerpen tiga paragraf. Ya, cerita yang hanya dan harus terdiri dari 3 paragraf saja. Tidak boleh kurang, tidak boleh lebih. 

Strukturnya:

1. Permulaan: berisi pengenalan tokoh, awal konflik (tidak harus), dan dapat ditambah deskripsi latar bila perlu
2. Tengah: mulai masuk konflik dan klimaks, bisa ditambah argumen / pendapat
3. Penutup: berisi resolusi / pemecahan masalah

Untuk membuat pentigraf semakin menarik, maka disarankan (tidak harus ada) untuk diberi plot twistApa itu plot twist? Yaitu perubahan mendadak / drastis dari plot / cerita. Plot twist itu seperti kejutan yang muncul, biasa di akhir pentigraf.


Supaya makin jelas, Gifta akan beri beberapa contoh pentigraf!


Bintang
oleh @engeniahadiprayitno aka Engenia Hadi Prayitno Mendes (pencantuman nama panjang ini hanya bentuk pemenuhan permintaan orang yang bersangkutan)

Sunyinya malam ditambah dengan hembusan angin semakin mendukung suasana. Kupandang bintang dari Danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru. Gugusan bintang bimasakti menghiasi langit yang tampak bersih itu. Tak ada bosan-bosannya aku memandang langit yang bertabur bintang. Sebenarnya aku ingin berburu bintang jatuh, tetapi kameraku rusak karena terjatuh tadi pagi. Lagipula, baterai kamera ini telah tewas. Tetapi karena sudah jauh-jauh kemari, mana mungkin kusia-siakan kesempatan memandang bintang dari salah satu lokasi terbaik untuk memandang bintang yang ada di Indonesia.
Sebenarnya hobi memandang bintang ini mengalir di darahku. Ayahku itu seorang nyctophile. Nyctophile adalah orang yang menyukai kegelapan atau menyukai malam hari. Hampir setiap malam kami memandang bintang dari balkon rumah. Menemukan rasi bintang, mencari bintang paling terang, dan membuat permohonan ketika ada bintang jatuh adalah kegiatan-kegiatan kami saat memandang bintang. Entah mengapa aku suka memandang bintang. Menurutku bintang itu tempat menggantungkanimpian kita. Tempat untuk mengetahui betapa indahnya alam ciptaan Tuhan. Dari keindahan bintang kita seperti diajak bersyukur atas apa yang ada di dunia ini.
Tetapi sekarang alasanku menyukai bintang sudah berbeda. Aku senang melihat bintang karena bintang adalah saksi bisu kedekatanku dengan ayah. Bintanglah yang menjadi jawaban ketika aku rindu dengan ayah. Bintang adalah tempat dimana ayahku berada sekarang. Aku percaya bahwa ayah bahagia disana. Sebenarnya aku iri dengannya. Kapan aku bisa menyusulnya dan melihat bintang dari dekat? Aku tak sabar menunggu waktu itu datang.
Nah, itu contoh pentigraf yang ada plot twistnya. Kejutan yang Gifta maksud adalah ternyata, ayahnya sudah meninggal.

Salah Sangka
oleh @vel_delia

“Jadi Rp 30.000,00 ya, Pak.” Rian meletakkan dompetnya diatas meja kasir dan menyerahkan uang pada pria yang menjaga kasir. Seorang bapak di belakangnya melangkah maju tepat saat Rian berjalan ke pinggir. Akibatnya, kakinya tersandung dan ia jatuh dengan suara debam keras.


“Aduuh, maaf ya Dik,” Bapak itu membungkuk lalu menariknya berdiri. “Tidak apa-apa kok, Pak,” balas Rian dengan nada agak kesal. Tiba-tiba pria itu meraih sesuatu di lantai di sebelah Rian. “Ini punyamu, ya?” tanyanya, menunjukkan anting-anting emas milik ibu Rian. Sebetulnya tadi pagi Rian terburu-buru berangkat ke sekolah sehingga tak menyadari bahwa anting-anting paling mahal milik ibunya yang tergeletak di atas meja terbawa. “Hmm, iya benar, Pak,” jawabnya berpura-pura tenang, padahal saat itu ia terkejut, khawatir, dan panik. Semua perasaannya campur aduk menjadi satu. Rian cepat-cepat meninggalkan toko tersebut. Tak lama kemudian, dilihatnya bapak yang tadi menabraknya juga keluar dari toko yang sama, menoleh ke sekelilingnya seakan mencari seseorang. Lalu, bapak itu melihat Rian, dan mulai berjalan kearahnya. Terkejut, ia berbalik dan berlari menjauh.

Ia berhenti disebuah gang yang sepi untuk mengatur napas. Sambil mengintip dari mulut gang, Rian mencari-cari sosok si bapak yang membuntutinya. Lalu terdengar suara yang menyebabkan bulu-bulu kuduk Rian berdiri. Bapak yang tinggi besar itu, yang tadi menabraknya, sudah berdiri menghadang. Suasana sunyi senyap dan tak ada seorang pun berlalu-lalang. Tak ada gunanya menjerit ataupun berlari. Tiba-tiba, tangan pria kekar itu merogoh kedalam sakunya dan menarik suatu benda mengilap keluar, serta mengacungkannya ke arah Rian. “Dik,” ujar si bapak dengan suara rendah, “ini. Tadi kau meninggalkan dompetmu di kasir toko.”
Kalau yang ini, kejutannya adalah ternyata bapak itu cuma mau mengembalikan dompetnya yang ketinggalan. Dan amanat dari cerita ini adalah jangan negative thinking
Lina dan Lisa
oleh Gifta

Lina dan Lisa. Sudah 7 tahun mereka bersama. Tertawa bersama, menangis bersama, kesal bersama, jengkel bersama, sampai ketakutan bersama. Mereka tak pernah berselisih. Keduanya saling memahami satu sama lain. Dan... Hanya Malaikat Pencabut Nyawa yang dapat memutuskan tali persahabatan mereka.

Sudah 50 menit Lisa menangis. Ia sudah menghabiskan setengah pak tisu. Bahkan ibunya, yang biasanya selalu mendapat nilai A dalam menghibur pun, tak dapat menjadi obat penenang. Bukan, bukan... Ia bukan menangis karena Lina mengkhianatinya atau memusuhinya. Lantas, ada apa gerangan?

7 Agustus 2018, pukul 17.44 WIB. Lina yang sudah berumur akhirnya meninggalkan dunia. Lisa belum dapat merelakan kepergiannya. Apalagi, ketika mengingat 16 hari lagi adalah hari ulang tahun Lina, dan mengingat ia sudah menyiapkan hadiah untuknya, tangis Lisa semakin keras. Setelah 1,5 jam menangis, akhirnya Lisa baru dapat merelakan kepergiannya. Yah, semua makhluk pasti akan tidur selamanya bukan? Tentu anjing pun juga...
Kejutan cerita Gifta ini ada di kalimat terakhir. Ternyata, Lina adalah seekor anjing, bukan manusia.

Oke, sekian.....
Terima kasih sudah baca XD

There are 6 comments.
Please post another comment..

  1. oww~ baru tau soal pentigraf nih
    betewe, itu ada dalam pelajaran bahasa indonesia gak sih? Kan seru kalau pas pelajaran guru nyuruh bikin pentigraf aja, bukannya suruh nulis cerita hikayat ^o^ heuheu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada buat kelas 9 kalau ngga salah^^
      hahaha... semangat ya bikin ceritanya XD

      Delete
  2. Demi apa aku merindukan tugas Bahasa Indonesia yang sudah lama tidak kukerjakan :")

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. You're welcome...
      Thanks for your visit XD

      Delete