Beauty Beauty - Stefani Gifta Ganda's Blog

Selasa, 19 Mei 2020

Netflix Series: "A Series of Unfortunate Events"

Sumber: https://www.netflix.com/id-en/title/80050008
Bahasan postingan hari ini adalah TV series dari Netflix! Serial ini adalah adaptasi dari 13 novel Lemony Snicket.

Nama itu bukan nama asli. Lemony Snicket cuma nama yang dipake Daniel Handler sebagai nama pena. Btw, Handler, penulis novel "A Series of Unfortunate Events" sendiri, ikut bikin filmnya, lo...

Season 1 dari "A Series of Unfortunate Events", atau disingkat ASOUE (ngga ngumpat ya guys ini... wkwk), rilis 13 Januari 2017. Fyi, pemilihan tanggalnya ngga sembarangan.

Dari judulnya, A Series of Unfortunate Events (yang kurang lebih artinya Serangkaian Kejadian Pembawa Sial), kita pasti langsung tahu kalau serial ini tentang kejadian-kejadian malang. Dan as we all know, 13 itu angka sial. Jadi, itulah alasan Daniel Handler nulis novel sebanyak 13, ngga 12 atau 10. Dan, itu juga jadi dasar pemilihan tanggal tayang season satu.

Direkturnya ada 2, Mark Hudis dan Barry Sonnenfeld. Sonnenfeld itu yang bikin "Men in Black". Aktor-aktris utama ASOUE ada Patrick Warburton, Neil Patrick Harris atau NPH, Malina Weissman, Louis Hynes, dan Presley Smith.

Di film ini, nama Warburton adalah Lemony Snicket (familiar, hm?). Dia mainin peran narator. Agak membosankan dan menyebalkan karena dia sering banget muncul di tengah-tengah adegan seru. Tapi, tanpa dia, film ini jadi kayak ada yang kurang :/
The narrator
Malina Weissman, Louis Hynes, dan Presley Smith adalah protagonis dan tokoh utamanya. Mereka jadi tiga-bersaudara dari keluarga Baudelaire. Sedangkan NPH mainin peran antagonis bernama Count Olaf. Olaf ini ceritanya adalah seorang aktor gagal (ironi banget).
Para pemain yang terhormat

Sinopsis


In a nutshell, intinya, orang tua Violet, Klaus, dan Sunny Baudelaire meninggal dalam kebakaran yang menghancurkan rumah mereka. Kebakaran ini disengaja, tapi pelakunya belum terkuak.

Lalu, datanglah bankir bernama Mr. Poe. Tugasnya menjaga anak-anak Baudelaireyang sekarang yatim piatusupaya mereka selalu dapet guardian yang baik. Guardian itu kayak pengasuh gitu, pengganti orang tua.

Tapi, sebenernya, tugas Mr. Poe yang paling penting itu jaga warisan berupa uang, yang disimpan di bank. Warisan itu baru bisa diambil saat Violet cukup umur.

Terus, konflik ceritanya apa? Semuanya dimulai dari guardian pertama yang super jahat, yaitu Count Olaf, si antagonis utama. Olaf maksa Violet, Klaus, dan Sunny buat ngelakuin berbagai macam kerjaan rumah yang ngga manusiawi. Ngga cukup menarik sebagai tokoh cerita, dia bisa bunuh orang semudah bunuh semut. Dan hampir seluruh isi series ini (sebanyak 3 season), isinya Count Olaf ngejar ketiga Baudelaire demi dapetin uang warisan mereka.

Nah, kenapa hampir-nya dibold? Wkwkwk... Karena masih ada konflik lagi. Violet, Klaus, dan Sunny masih harus pecahin misteri tentang kebakaran orang tuanya, selametin para guardian biar ngga dibunuh Count Olaf, dan yang paling besar, menyibak teka-teki sebuah organisasi rahasia, VFD. Organisasi VFD ini adalah akar dari semua masalah yang dihadapi Violet, Klaus, dan Sunny.

Karakternya kurang menarik? Baca dulu, nih:


Ketiga Baudelaire adalah anak-anak yang sangaat pintar dengan talenta masing-masing yang sangaat mengagumkan.

Violet, si penemu. Umurnya 14 tahun di awal cerita. Tapi, otaknya sekreatif Einstein. Dari barang-barang biasa yang keliatan ngga berarti, dia bisa ciptain berbagai macam alat.

Klaus, si kutu buku. Anak tengah dari tiga bersaudara ini ngga cuma baca buku-buku itu, tapi dia juga bisa inget isi bukunya juga, thanks to his photographic memory. Dia juga pemecah kode yang andal.

Sunny, si... balita. Eits, bukan balita biasa. Giginya sangat kuat sampai kayu sekalipun takluk! Dia juga udah bisa ngomong, walaupun ngga terlalu lancar. Fyi, yang dia omongin kebanyakan sarkasme.
Kalo udah nguncir rambut,
itu artinya Violet dalam mode penemu.
Klaus dengan
muka seriusnya
Sunny nyebut Antonin Scalia
Terus, Count Olaf. Kemanapun, Olaf ditemani 5 rekan kerjanya, yang sebenernya lebih cocok disebut anak buah. Mereka berenam selalu ada dimanapun Violet, Klaus, dan Sunny berada, tapi munculnya dalam penyamaran.
Penyamaran-penyamaran Count Olaf.
Yang asli yang mana, hayo?
Anak buah Count Olaf
Karakter lain yang berdampak terhadap cerita adalah Mr. Poe. Di sini, dia diceritain sebagai bankir yang... well, sangat tidak sepintar tiga tokoh utama cerita (:v) Kalau tentang Mr. Poe, kayaknya aku harus cantumin dialog ini:
Olaf: "Don't you miss the vivid imagination of childhood?"
Poe: "I never had one."
Olaf: "An imagination or a childhood?"
Dan yang paling ikonik dari sosok Poe adalah batuknya. His cough ruins everything.

Pengemasan cerita yang super duper kreatif


Sedikit fun fact, hampir semua nama tokoh ASOUE diambil dari tokoh-tokoh terkenal. Contohnya, Baudelaire diambil dari Charles Baudelaire, seorang penulis puisi dari Prancis dan Mr. Poe diambil dari Edgar Allan Poe.

Dan ngga cuma nama tokohnya, tapi tempat-tempat dan istilah-istilah yang dipakai kebanyakan juga diambil dari dunia nyata. Terus, banyak juga acuan ke buku-buku, lagu-lagu, dan puisi-puisi lama. Kita bisa nonton sambil nambah pengetahuan.

Selain referensi-referensi itu, yang bikin menarik adalah, dengan nonton ASOUE, kita bakal dikagetin sama fakta bahwa VFD ternyata bisa punya banyak kepanjangan. Kalau nonton, kalian pasti bakal sering denger frasa tiga kata yang bisa jadi kepanjangan VFD, contohnya Vigorously Fixed Destination, Very Fitting Definition, Verified Film Discount, dan masih banyak lagi!

Mungkin, tujuannya Daniel Handler (si penulis... masih inget, kan?) kasih banyak alternatif kepanjangan VFD adalah biar penonton bingung. Soalnya, salah satu misteri terbesar dalam cerita ini adalah kepanjangan dari organisasi VFD.

Campuran dark-comedy, drama, mystery, dan crime


Akibat drama yang bener-bener tersampaikan karena akting pemainnya bagus banget, plus sedikit pembunuhan (tapi ngga ada darah-darah, kok... scene pembunuhannya di-skip, tenang aja...) buat nambah ketegangan, ASOUE pantas dicap must-watch. Apalagi buat kalian yang demen dark-humor dan/atau misteri, ASOUE wajib banget ditambahin di list!

Kalau romance sih dikit banget. Ada kissing-nya, cuma sekelebat doang. Tapi bukan berarti kalian ngga bisa nikmati film ini, karena ada saat-saat Violet diam-diam suka sama dua orang bersaudara (iya, suka sama dua-duanya wkwk).

Last but not least...


Bisa dibilang, ASOUE adalah sisi gelap dari film anak. Karena, di sini ngga ada seneng-senengnya, dari awal sampe akhir. Ngga mudeng? Atau penasaran? Langsung nonton ajaaa...!

Btw, lagu filmnya juga bagus lo... Theme song-nya ditulis dan dinyanyikan NPH sendiri...
Oh iya, intro-nya itu ganti lirik tiap episode buat kasih spoiler (humm...)

There are 9 komentar.

  1. thank u for posting this

    BalasHapus
  2. jadi pengen nntn;(

    BalasHapus
  3. Ih kayaknya seru! Auto masuk watchlist nih haha ><

    BalasHapus
  4. Kayak nya seruuu tapi ini bikin pusing ngga ya nontonnya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurutku sih, ngga, soalnya bahasa Inggris yang susah-susah langsung dijelasin sama Klaus dan si narator wkwk

      Sekalian belajar Inggris nih hahah

      Hapus
  5. i love the movies but didn't watch the series on netflix.

    BalasHapus