Beauty Beauty - Stefani Gifta Ganda's Blog

Rabu, 13 Mei 2020

Makna Konotatif/Kiasan Lagu: "End This (L.O.V.E.)" - Hailee Steinfeld

EP terbaru Hailee, "Half Written Story"
Kali ini, aku mau nerjemahin sebuah lagu yang kreatif dari Hailee Steinfeld, sambil kasih arti dari kiasan-kiasan di dalam liriknya. Oh iya, btw, aku juga pernah post lagu lainnya Hailee yang bareng Machine Gun Kelly.

Lagu Hailee yang akan aku bahas kali ini itu nada reff-nya diambil dari lagunya Nat King Cole, "L.O.V.E.". Kalau lagunya Nat King Cole kan versi mesranya, nah Hailee bikin versi patah hatinya.


L is for the way you lied to me
L adalah untuk caramu berbohong padaku
O is I'm the only one who sees that
O adalah karena hanya aku seorang yang melihat
V, you're so vindictive, so I'll be vicious
V, kau begitu pendendam, jadi aku akan mengganas
And E-N-D this L-O-V-E, love, love
Dan T-A-M-A-T sudah C-I-N-T-A, cinta, cinta

Every time I think about you
Setiap kali aku memikirkanmu
And the roses here in my room
Dan mawar-mawar ini di kamarku
I can't help but really want to tell everybody
Aku tak tahan lagi untuk menggemborkan
How you got a way with words
Bagaimana kau merangkai kata-kata
You could put my heart in a hearse
Kau bisa tempatkan hatiku di mobil jenazah
I feel all the twists and turns
Dapat kurasakan aku semakin kesal dan sedih
Of your knife in my chest and yet, I
Karena ulah dan kata-katamu, tapi aku masih saja
twist/turn the knife (in the wound) = memutar pisau (pada luka)

Artinya:
to make someone who is annoyed, worried, or upset feel even worse
membuat seseorang yang sudah kacau perasaannya, kacau lebih parah lagi
No one's ever messed me up like you did
Tak ada yang pernah mengacaukanku sepertimu
Thanks to you, babe, now I know what love is
Terima kasihku padamu, sekarang aku paham arti cinta

L is for the way you lied to me
O is I'm the only one who sees that
V, you're so vindictive, so I'll be vicious
And E-N-D this L-O-V-E, love, love

Love, ooh
Cinta, ooh
L-O-V-E-N-D, this love
C-I-N-T-A-M-A-T, cinta ini
Ooh, L-O-V-E-N-D, this love
Ooh, L-O-V-E-N-D, this love
Ooh, L-O-V-E, love, love

Every time I'm back at this bar
Setiap kali aku kembali ke bar ini
Pour a little salt on my scars
Mengurangi rasa sakitku
Man, you really pulled me apart
Kau benar-benar membuatku hancur
Like a toy you'd play with
Seperti mainan yang kau mainkan
Boy, you got away with murder
Kau (bagai) terbebas dari pembunuhan
And you took it one step further
Dan lalu membunuh dengan lebih menggila
Still feel all the twists and the turns
Masih terasa tikungan-tikungan tiba-tiba itu
Of the ride in my mind that you took me on, ah
Dari perjalanan di benakku atas ajakanmu

No one's ever messed me up like you did
Thanks to you, babe, now I know what love is

L is for the way you lied to me
O is I'm the only one who sees that
V, you're so vindictive, so I'll be vicious
And E-N-D this L-O-V-E, love, love

Love, ooh
L-O-V-E-N-D, this love
Ooh, L-O-V-E-N-D, this love
Ooh, L-O-V-E-N-D, this love
Ooh, L-O-V-E, love, love

L is for the way you lied to me
O is I'm the only one who sees that
V, you're so vindictive, so I'll be vicious
And E-N-D this L-O-V-E, love, love

Sayangnya, karena diterjemahkan, jadi agak ngga dapet feel-nya. Maksudku, di bahasa Inggris, L nyambung dengan "lied", O dengan "only one", dan seterusnya. Dibahasa-Indonesiakan, ngga bisa kayak gitu lagi :(

Tapi, yang bagian L-O-V-E-N-D bisa jadi C-I-N-T-A-M-A-T aku juga agak kaget sih wkwk.

Aku memang suka lagu-lagu Hailee itu karena liriknya udah seperti puisi. Kata yang dipilih bisa "klik" gitu dengan vibe dan rasa lagunya.

Kalau ditanya favorit, ofc yang paling kusuka adalah dua lagu yang bikin Hailee terkenal, Starving dan Love Myself. Sekadar pengingat, dia dulu juga pernah keluarin Most Girls dan Rock Bottom bareng DNCE, lagu-lagu yang pasti ga asing di telinga kalian. Dan yang paling baru, Wrong Direction dan I Love You's.

Tidak ada komentar

Feel free to post a comment :)