Beauty Beauty - Stefani Gifta Ganda's Blog

Senin, 25 Mei 2020

Mengganti Favicon Blog di Blogger 2020

So, seperti yang kita tahu, Blogger baru aja dimutakhirkan. Diperbarui here and there, dan dampaknya, beberapa fitur hilang sementara...

Salah satunya fitur favicon. Fitur ini sempat dinonaktifkan, but the good news is hari ini sudah bisa ganti favicon! Kabar buruknya, sih, tutorial ini sudah ngga berguna lagi.

Tapi sebelumnya, apa sih favicon itu? Favicon itu icon yang muncul di tab bar sebagai identitas website/blog. 

Contohnya ada di gambar: ada favicon YouTube, Blogger, Google Translate, KBBI Daring, dan yang paling kanan adalah favicon blog ini.
Favicon apa yang
belum aku sebut?
Ada dua cara ganti favicon, kalian bisa pilih satu^^ Baca dulu sebelum praktik, ya... XD
  1. Buka blogger.com
  2. Buka Settings
  3. Bakal langsung kelihatan, tuh, ada tulisan Favicon. Click it right away!
  4. Akan terbuka tab baru, kalian tinggal klik Choose File
Perlu diingat, ukuran gambar kalian harus kurang dari 100 KB.
Kalau bisa, bentuknya persegi, dengan sisi 16 px. Bisa pakai converter ini ya...
Settings -> Basic > Favicon
Kalau cara di atas terlalu ribet, kalian bisa langsung ke:
https://www.blogger.com/change-favicon.g?blogID=blogIDkalian
Buat yang masih newbie, blog ID itu serangkaian angka penanda blog kalian. Cara dapetinnya, kalian tinggal buka Blogger, buka blog yang ingin didapetin ID-nya, terus lihat ke URL:
https://www.blogger.com/blog/posts/blogIDkamu
SEMUA angka di belakang "https://www.blogger.com/blog/posts/" adalah ID blog kalian.

Nah, selamat mencoba, semoga berhasil!

Oh iya, hampir lupa, kalau masih ragu apakah favicon kalian sudah terganti atau belum, bisa ke:
URL-blog-kalian/favicon.ico
Oke, sekian dan sampai jumpa di postingan berikutnya!
Kayaknya aku bakal bikin resensi buku, hehe... How does that sound?

There are 6 komentar.

  1. Dulu sering banget gonta ganti favicon sekarang malah lupa nyari icon yang lucu dimana ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk masa-masa itu... sekarang ngangenin...
      dulu kayaknya sih: https://pixel-diary.tumblr.com/
      https://pixel-diary.tumblr.com/post/21823334986/the-pixel-list

      Hapus
  2. ka kok aku ga bisa y, mungkin karena ngelag, tapi kekny ga de,,
    *kalau ka gifta gatau, yang tau bantu y,, makasiღ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga bisa terganti? Sudah coba 2 cara itu?
      Sudahkah dicek: URL-blog-kalian/favicon.ico?

      Hapus
    2. udah ka. pas dicek lagi, malah ga ketemu apa". katanya 'page not found 404' gitu,,
      aku pikir emang aku salah baca ato salah ngikutin instruksi, tapi pas baca ulang udah bener ko ka. diyoutube juga carany itu semua,,
      nanti aku coba cek" lagi de ka, makasi y caranyღ

      Hapus
    3. boleh tau... URL blognya Kak?

      Hapus